PERBEDAAN ANTARA TARUNA TNI,AKPOL & MAHASISWA STSN

Akademi TNI adalah sekolah pendidikan Calon Perwira TNI dari Ke tiga Matra Darat, Laut dan Udara. Calon Taruna Akademi TNI merupakan lulusan SMA atau MA (IPA dan IPS) dan SMK Penerbangan Khusus Untuk AAU (Akademi Angkatan Udara). Akademi TNI merupakan pendidikan ikatan dinas yang dibiayai oleh negara. Sama halnya dengan Akademi TNI , AKPOL juga merupakan bagian pendidikan perwira Polisi yang bersumber dari luusan SMA/MA jurusan IPA/IPS ataupun S1 dan S2 (sumber:).
Sedangkan Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) adalah perguruan tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2003 Tentang Pendirian Sekolah Tinggi Sandi Negara. Pada Tahun Akademik 2010/2011 STSN membuka kesempatan kepada putra dan putri Warga Negara Indonesia untuk menjadi mahasiswa ikatan dinas, dimana setelah lulus akan diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Program Studi Teknik Persandian memiliki 2 (dua) bidang minat yaitu Teknik Kripto dan Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi (sumber:).
kalau dilihat dari segi pelaksanaan pendidikan memang hampir tidak bisa dibedakan, sama halnya dengan kegiatan harian Taruna maupun mahasiswa.
Bagian yang perlu ditinjau adalah output dari masing-masing pendidkan ini.
Akademi TNI maupun AKPOL akan menjadi tembok pertahanan negara ini ketika negara ini menghadapi ancaman dari pihak luar yang menggangu stabilitas NKRI, menggunakan kemampuan fisik.mental dan strategi perang yang diajarkan di masing-masing akademi untuk dapat mempertahanakan negara ini( menggunakan senjata ringan, berat, ataupun yang lainnya) istilah kerennya menggunakan perang ALA HARDKILL..
pengertian ini memang pardigma lama yang sangat diagung-agungkan, dengan cara bangganya tiap negar membawa patroli alat-alat persenjaatan (alutsista) mereka dan dipamerkan keseluruh dunia, seperti gambar berikut:

inilah cara yang sangat klasik sekali menurut saya dan useless.
Para Taruna Akmil dan Akpol didik untuk bisa mengatur semua sumber daya yang ada tersebut demi mempertahanakan negara ini dari serangan musuh /lawan dan terutama teroris. Terimakasih buat mereka yang telah dididik di masing-masing kesatrian mereka dengan tujuan menjadi abdi negara unutk mempertahankan negara ini (sallute for cadets).
Akan tetapi sekarang ini perang yang terjadi antar negara adalah perang informasi (informasi politik, ekonomi, hankam, budaya, dll) yang bisa diakses melalui dunia maya dan yang pasti dengan segala cara masing-masing negara akan berusaha untuk mendapatkannya (negara yang ofensif) dan mempertahankannya (negara defensif).
Mengatasi hal ini tidak bisa dengan cara mempertontonkan parade militer dengan hardkill (paradigma lama) akan tetapi sebuah terobosan yang baru yaitu pengamanan informasi.
Negara Indonesia dikenal sebagai negara Netral dan tidak mau mencari musuh dan dikenal lebih defensif. oleh karena itu negara ini lebih mengutamakan pengamanan daripada penyerangan (attacking).
Demikian halnya mengatasi ancaman perang informasi sekarang ini negara Indonesia lebih mengutamakan pengamanan terhadap informasi yang berhubungan dengan 9 komponen strategis.
Demi mewujudkan hal tersebut maka kami, mahasiswa STSN dibina, dididik dan dilatih agar mampu menjawab tantangan ini. Meskipun kami tidak menggunakan Senjata untuk mempertahankan bangsa ini, kami bisa menggunakan kemampuan kami mengamankan negara tercinta ini dari ancaman bangsa lain agar tercipta bangsa yang aman dan damai. Tidak harus dengan bodi dan otot kekar


akan tetapi dengan otak dan mental yang kekar kami mampu menjadi tumpuan bangsa ini untuk menjaga kestabilan nasional NKRI.
sebagai Taruna Akademi TNI, Akpol dan Mahasiswa STSN kami bangga bisa berbuat untuk negara ini.

About these ads

Tentang supapri

seorang lelaki yang haus ilmu
Tulisan ini dipublikasikan di LAIN-LAIN. Tandai permalink.

2 Balasan ke PERBEDAAN ANTARA TARUNA TNI,AKPOL & MAHASISWA STSN

  1. nanda cumcum berkata:

    kalo dari s1 keperawatan ,, blh msk STSN gak ?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s